12 Makanan Tinggi Purin Yang Bisa Meningkatkan Kolesterol dan Asam Urat

Header Menu


12 Makanan Tinggi Purin Yang Bisa Meningkatkan Kolesterol dan Asam Urat

Ruang Dakwah Medis Indonesia
Kamis, 14 September 2023

 


Makanan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang dibutuhkan oleh manusia untuk proses metabolisme kebutuhan sehari – hari. Makanan juga menjadi acuan dasar tingkat kesehatan manusia ke depan. Tak khayal banyak penyakit yang muncul dikarenakan makanan yang tidak sehat.

Makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti kolesterol yang tinggi, asam urat yang tinggi, hipertensi dan sebagainya. Banyak masyarakat yang tidak paham tentang makanan yang tidak sehat sehingga memicu berbagai macam penyakit.

Salah satu makanan yang berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit kolesterol tinggi dan Asam urat adalah makanan yang mengandung tinggi purin. Makanan tinggi purin merupakan makanan yang bersumber dari hewan ataupun dari tumbuh – tumbuhan yang dapat menghasilkan asam urat saat zat purin dipecah didalam organ hepar atau hati.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika memeriksa pasien/Foto : Dokpri

Apabila tubuh kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi purin maka akan mengakibatkan penyakit yang disebut dengan GOUT atau penyakit radang sendi. Penyakit ini identik dengan pembengkakan disekitar sendi pada pasien dimana pada area organ tersebut mengalami bengkak dan terasa nyeri. Biasanya rasa nyeri pada pasien GOUT akan meningkat pada titik puncak pada malam hari.

Selain itu makanan yang tinggi purin juga bisa menyebabkan penyakit kolesterol tinggi atau disebut dengan hiperkolesterolemia. Penyakit ini disebabkan oleh poola hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumi makanan yang tinggi purin dan makanan yang tinggi kolesterol. Makanan yang tinggi kolesterol seperti makanan gorengan, rempelo hati atau jerohan, daging kambing dll.

Apabila pada pasien hiperkolesterilemia dibiarkan terus menerus maka akan bisa mengakibatkan penyakit serius seperti penyakit jantung koroner. Salah satu tindakan utama yang harus dilakukan pada pasien yang mengalami kolesterol tinggi adalah dengan mengobat pola makan dengan makanan yang sehat.

Terdapat 12 Makanan yang tinggi purin yang sangat berbahaya apabila dikonsumsi oleh penderita Asam Urat dan penderita Kolesterol tinggi. Makanan tersebut antara lain : Jerohan sapi yaitu terdiri dari Hati, Usus, Otak dan rempelo hati. Selanjutnya adalah telur ikan, pada telur ikan merupakan salah satu makanan yang tinggi purin.

Makanan selanjutnya adalah ikan sarden, ikan teri, kerang, kepiting, udang, daging bebek (beserta jerohan isinya), daging burung (beserta jerohan dalamnya), minuman alkohol ataupun soda, sayuran seperti Asparagus.

Dosen Spesialis Medikal bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa minuman bersoda dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Banyak dari minuman bersoda mengandung fosfor yang meningkatkan ekskresi kalsium dari urine. Selain itu, kafein dalam minuman bersoda dapat mengganggu penyerapan kalsium dan menyebabkan pengeroposan tulang jika sering diminum khusus bagi penderita asam urat dan kolesterol maka akan meningkatkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh dan kandungan purin didalam tubuh manusia. *Red